RRI BANTEN 94,9 FM

Minta Revisi UMK, Buruh Serang Blokir Jalan Tol

Tinggalkan komentar

Buruh Kabupaten Serang terlibat bentrok dengan polisi, ketika melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Serang di jalan Veteran no 1 kota Serang, Selasa (3/12).

Buruh Kabupaten Serang terlibat bentrok dengan polisi, ketika melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Serang di jalan Veteran no 1 kota Serang, Selasa (3/12). Para buruh meminta kepada Bupati Serang Akhmad Taufik Nuirman untuk menolak SK gubernur tentang besaran UMK yang dinilai tidak sesuai dengan KHL di Kabupaten Serang.

RRI Banten (03/12) – Ribuan buruh dari wilayah Serang bagian Timur menyerbu Pendopo Bupati Serang di jalan veteran nomor 1 Kota Serang. Sebelumnya mereka sempat menutup akses jalan tol Ciujung Keragilan.

Bahkan aksi buruh juga memperparah kondisi ruas jalan protokol Kota Serang, lantaran mereka mayoritas menggunakan kendaraan roda dua dan memadati 2 jalur jalan di wilayah Kota Serang.

Kedatangan buruh ke kantor Bupati merupakan buntut telah ditetapkannya besaran UMK oleh Gubernur yang tidak sama dengan wilayah Tanggerang. Karenanya buruh meminta kepada Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman untuk membatalkan rekomendasi UMK buruh sebesar 2.340.000 rupiah, yang kini sudah disetujui Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Buruh merasa angka UMK tersebut masih kurang dalam menopang kebutuhan hidup mereka. Karena nilai UMK kabupaten serang tidak sama dengan Kabupaten Tanggerang. Dimana dalam ketetapan Gubernur disebutkan, upah yang ditetapkan untuk Kabupaten Tanggerang sebesar 2.442.000 rupiah.

Salah satu Buruh dari serikat pekerja Nasional Kabupaten Serang Suhaedi kepada RRI mengatakan, para buruh di Kabupaten Serang akan terus melakukan aksi dorongan terhadap pemerintah kabupaten Serang, untuk menolak rekomendasi SK gubernur tentang besaran UMK. Karena dari hasil survey hidup layak di kabupaten Serang hampir sama dengan Kabupaten Tanggerang.

“KHL kita di Kabupaten Serang itu tidak beda jauh dengan Kabupaten Tanggerang, tapi kenapa UMK disana lebih besar dibandingkan dengan daerah kita? ini kan tidak adil,” ungkap Suhaedi.

Oleh karena itu lanjut Suhaedi, sudah selayaknya Bupati mempertimbangkan keingnan buruh tersebut.

“Bupati seharusnya mengabulkan keinginna kita dan meolak SK gubernur tentang besaran UMK kabupaten Serang. Kita para buruh akan melakukan aksi yang lebih besar lagi jika Bupati tidak membantu buruh,” katanya.

Sementara dalam aksi kali ini, sempat berkali-kali terjadi bentrokan antara petugas kepolisian yang berjaga-jaga di luar gedung. Namun demikian akhirnya Bupati Serang Akhmad Taufik Nuriman tetap menolak permintaan para buruh atas SK Gubernur yang sudah ditandatangani.

Iklan

Penulis: rribanten

Keinginan hadirnya Stasiun RRI Serang sejak Banten itu menjadi daerah otonom terpisah dari Jawa Barat pada tahun 2000 akhirnya menjadi kenyataan. Hari ini, melalui gelombang 94,9 FM, RRI Serang mulai menyapa publik kota Serang dan sekitarnya. Dalam siaran perdananya dipandu penyiar Asih Ryanda, RRI Serang menyemarakkan siaran hiburan musik pop dan informasi terkini untuk warga Serang. “Kita berharap, warga Banten dan sekitarnya yang terjangkau siaran RRI Serang bisa terhibur dan mendapatkan informasi. Untuk siaran perdana ini kami mengangkat beragam konten informasi, diantaranya seputar persiapan siswa SLTA dan MA di Banten menjelang pelaksanaan ujian nasional yang akan dimulai hari Senin 16 April 2012 lusa,”kata Heryoko, Koordinator konten siaran, di Kota Serang, Sabtu (14/4). Lebih jauh, Heryoko yang juga Kepala Seksi Liputan dan Redaksi RRI Jakarta ini mengatakan, dengan siaran interaktif, dimana warga Serang bisa memberikan tanggapan langsung ke penyiar, kami berusaha memberikan motivasi belajar para peserta ujian agar tercipta ujian nasional yang jujur. Di bawah koordinasi koordinator teknik Maryoto, siaran perdana RRI Serang sukses dilakukan dari studio RRI Serang di kompleks Pendopo Gubernur Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s