RRI BANTEN 94,9 FM

Bantuan Benih Salah Sasaran, Patani Datangi Kantor Bupati

Tinggalkan komentar

Ilustrasi

Ilustrasi

RRI Banten (02/12) – Sejumlah petani Kabupaten Serang Senin pagi mendatangi kantor Bupati Serang di Jalan Veteran No 1 Kota Serang. Kedatangan petani dalam rangka menindaklanjuti bantuan langsung benih unggul (BLBU) di Kabupaten Serang yang tidak diterima petani. Karena pada prakteknya petani di Kabupaten Serang harus membeli benih tersebut dengan harga tinggi.

Apalagi kualitas benih yang diterima petani kualitasnya buruk dan tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Sehingga hl ini juga mengindikasikan bahwa kontrol dari Pemkab Serang melalui dinas terkait tidak berjalan.

Salah satu petani dari kecamaatan Tunjung Teja Kabupaten Serang Hudaya disela aksinya kepada RRI mengatakan, terhitung sejak tahun 2008 hingga 2012 bantuan benih terhadap petani dari pemerintah pusat tidak berjalan dengan baik di Kabupaten Serang.

“Ironisnya lagi bantuan benih diperjualbelikan oleh oknum tertentu dengan dalih ongkos penyaluran, itu kan tidak benar pak,” ungkap Hudaya.

Padahal lanjut Hudaya potensi pertanian di Pemkab Serang 70 ribu hektare merupakan potensi wilayah yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah sebagai penyedia hasil pertaninan. Namun kenyataannya Pemkab Serang hanya menduduki peringkat ketiga setelah Kabupaten Pandeglang dan Lebak dalam menopang ketahanan pangan nasional di wilayah Banten.

“Iroi jika melihat potensi pertanian di pemkab Serang, namun hasilnya tidak signifikan dalam menyumbang hasil pertanian untuk Banten,” katanya.

Untuk itu para petani meminta kepada Pemkab Serang, untuk melakukan sejumlah langkah strategis diantaranya adalah mencari solusi dan formulasi dalam menyediakan ketersediaan benih bersubsidi bagi petani, menganggarkan biaya tebus benih sebesar 2000 rupiah perkilogramnya dari APBD pada tahun 2014 mendatang dan memastikan distribusi benih tepat waktu dan tepat sasaran.

Sementara tidak ada satupun dari perwakilan pemerintah maupun dinas terkait yang menemui petani ketika berorasi di luar gedung. Adapun dalam aksi yang berlangsung selama 1 jam lebih tersebut berjalan tertib dengan pengawalan puluhan petugas dari jajaran Polres Serang.

Penulis: rribanten

Keinginan hadirnya Stasiun RRI Serang sejak Banten itu menjadi daerah otonom terpisah dari Jawa Barat pada tahun 2000 akhirnya menjadi kenyataan. Hari ini, melalui gelombang 94,9 FM, RRI Serang mulai menyapa publik kota Serang dan sekitarnya. Dalam siaran perdananya dipandu penyiar Asih Ryanda, RRI Serang menyemarakkan siaran hiburan musik pop dan informasi terkini untuk warga Serang. “Kita berharap, warga Banten dan sekitarnya yang terjangkau siaran RRI Serang bisa terhibur dan mendapatkan informasi. Untuk siaran perdana ini kami mengangkat beragam konten informasi, diantaranya seputar persiapan siswa SLTA dan MA di Banten menjelang pelaksanaan ujian nasional yang akan dimulai hari Senin 16 April 2012 lusa,”kata Heryoko, Koordinator konten siaran, di Kota Serang, Sabtu (14/4). Lebih jauh, Heryoko yang juga Kepala Seksi Liputan dan Redaksi RRI Jakarta ini mengatakan, dengan siaran interaktif, dimana warga Serang bisa memberikan tanggapan langsung ke penyiar, kami berusaha memberikan motivasi belajar para peserta ujian agar tercipta ujian nasional yang jujur. Di bawah koordinasi koordinator teknik Maryoto, siaran perdana RRI Serang sukses dilakukan dari studio RRI Serang di kompleks Pendopo Gubernur Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s