RRI BANTEN 94,9 FM

BKSDA Banten Kembali Amankan Ratusan Hewan Langka yang akan Diselundupkan

Tinggalkan komentar

Polhut BKSDA Banten tengah memeriksa Ratusan Kukang asal Lampung yang akan di selendupkan ke wilayah Tanggerang di kantor BKSDA Banten di Gg perintis kecamatan Serang Kota Serang Banten, Kamis (7/11).

Polisi kehutan BKSDA Banten tengah memeriksa Ratusan Kukang asal Lampung yang akan di selendupkan ke wilayah Tanggerang di kantor BKSDA Banten di Gg perintis kecamatan Serang Kota Serang Banten, Kamis (7/11).

RRI Banten (07/11) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)  kelas 1 Jawabarat di Serang Banten kembali mengamankan ratusan hewan langka jenis kukang yang akan diselundupkan. Ratusan kukang yang berasal dari pulau Sumatera itu rencananya akan di bawa ke sejumlah wialayah di Cikupa Tanggerang.

Penyidik pegawai negeri sipil polisi hutan BKSDA Banten Sudrajat kepada RRI mengungkapkan, bahwa dari hasil kerjasana dengan pihak kepolisian sektor Merak, pihaknya berhasil menyita sebanyak 238 kukang dari provinsi Lampung.

“Karena hewan tersebut masuk dalam kategori hewan langka, maka pemasok hewan bisa ditetapkan tersangka, lantaran dinilai telah melanggar undang-undang ri no 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, dengan ancaman hukuman sekurang-kurangnya 5 tahun penjara atau denda paling banyak 100 juta rupiah,” ungkapnya.

Sudrajat menjelaskan, meskipun wanita rumah tangga yang diketahui bernama Pujiastuti tersebut, untuk sementara dikenakan sebagai tersangka, lantaran berusaha untuk menguasai atau memiliki hewan langka jenis kukang tersebut.

“Secara tidak langsung orang yang membawa hewan langka tanpa ijin bisa dikenakan jadi tersangka,” jelas Sudrajat.

Sementara itu Puji astuti ketika ditemui di ruang pemeriksaan BKSDA Banten mengaku, bahwa dirinya hanya disuruh oleh seseorang untuk menghantarkan ratusan kukang kepada pemesan di wilayah Tanggerang.

‘Saya sama sekali tidak tahu pa, kalo  hewan jenis kukang itu merupakan jenis hewan yang dilindungi,” lirih Puji sambail menangis sesegukkan.

Sementara ratusan kukang dari Provinsi Lampung itu akan dibawa ke PPS bogor untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, untuk selanjutnya akan dilepas ke habitatnya di Provinsi Lampung.

Penulis: rribanten

Keinginan hadirnya Stasiun RRI Serang sejak Banten itu menjadi daerah otonom terpisah dari Jawa Barat pada tahun 2000 akhirnya menjadi kenyataan. Hari ini, melalui gelombang 94,9 FM, RRI Serang mulai menyapa publik kota Serang dan sekitarnya. Dalam siaran perdananya dipandu penyiar Asih Ryanda, RRI Serang menyemarakkan siaran hiburan musik pop dan informasi terkini untuk warga Serang. “Kita berharap, warga Banten dan sekitarnya yang terjangkau siaran RRI Serang bisa terhibur dan mendapatkan informasi. Untuk siaran perdana ini kami mengangkat beragam konten informasi, diantaranya seputar persiapan siswa SLTA dan MA di Banten menjelang pelaksanaan ujian nasional yang akan dimulai hari Senin 16 April 2012 lusa,”kata Heryoko, Koordinator konten siaran, di Kota Serang, Sabtu (14/4). Lebih jauh, Heryoko yang juga Kepala Seksi Liputan dan Redaksi RRI Jakarta ini mengatakan, dengan siaran interaktif, dimana warga Serang bisa memberikan tanggapan langsung ke penyiar, kami berusaha memberikan motivasi belajar para peserta ujian agar tercipta ujian nasional yang jujur. Di bawah koordinasi koordinator teknik Maryoto, siaran perdana RRI Serang sukses dilakukan dari studio RRI Serang di kompleks Pendopo Gubernur Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s