RRI BANTEN 94,9 FM

5,1 Persen DPT Banten tidak Dilengkapi dengan NIK dan NKK

Tinggalkan komentar

KPURRI Banten (04/11) – Tanggerang raya menjadi wilayah di Banten yang diketahui paling banyak ditemukan data pemilih tetap  yang tidak dilengkapi nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (NKK). Pasalnya wilayah Tanggerang raya merupakan salah satu daerah yang paling banyak di tempati warga pendatang dari luar Banten.

“Sehingga tidak jarang warga yang terdata sebagai pemilih tetap asal daerah Tanggerang Raya tidak dilengkapi dengan data NIK dan NKK. Namun demikian KPU Banten sudah meminta klarifikasi ke KPU dari masing-masing Kabupaten dan Kota, untuk memperbaharui kembali data pmilih tetap tersebut yang dilengkapi dengan NIK dan NKK pemilih,” kata Komisioner KPU Banten Didih M Sudih di Serang, Senin (4/11).

Didih mengungkapkan, dari jumlah DPT sebvanyak 7.886.845 pemilih terdapat sekitar 5, 1 persen dpt yang tidak memiliki NIK atau NKK.

“Dari data tersebut hampir 2 persenya berasal dari wilayah Tanggerang Raya seperti Kota Tanggerang, Tanggerang Selatan dan Kabupaten Tanggersang,” katanya.

Meski demikian tambah Didih, bukan berarti di daerah lain seperti Serang, Lebak dan Pendeglang tidak ditemukan DPT tanpa NIK dan NKK.

“Karena permasalahan dpt hampir menyebar di semua daerah di Banten,” terangnya.

Sebelumnya ketua KPU Pusat Kamil Malik meminta kepada KPU provinsi maupun Kabupaten/ Kota untuk melengkapi nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga bagi calon pemilih yang masuk dalam DPT. Permintaan ketua KPU tersebut tertuang dalam surat edaran nomor 741/KPU/XI/2013 tertanggal 1 November lalu.

Selain itu KPU di daerah juga diminta menyikapi penjelasan dan dokumen pendukung seperti berita acara dan klarifikasi atau surat keterangan dari pihak terkait seperi Dinas Kependudukan dan Penctatan Sipil setempat.

Penulis: rribanten

Keinginan hadirnya Stasiun RRI Serang sejak Banten itu menjadi daerah otonom terpisah dari Jawa Barat pada tahun 2000 akhirnya menjadi kenyataan. Hari ini, melalui gelombang 94,9 FM, RRI Serang mulai menyapa publik kota Serang dan sekitarnya. Dalam siaran perdananya dipandu penyiar Asih Ryanda, RRI Serang menyemarakkan siaran hiburan musik pop dan informasi terkini untuk warga Serang. “Kita berharap, warga Banten dan sekitarnya yang terjangkau siaran RRI Serang bisa terhibur dan mendapatkan informasi. Untuk siaran perdana ini kami mengangkat beragam konten informasi, diantaranya seputar persiapan siswa SLTA dan MA di Banten menjelang pelaksanaan ujian nasional yang akan dimulai hari Senin 16 April 2012 lusa,”kata Heryoko, Koordinator konten siaran, di Kota Serang, Sabtu (14/4). Lebih jauh, Heryoko yang juga Kepala Seksi Liputan dan Redaksi RRI Jakarta ini mengatakan, dengan siaran interaktif, dimana warga Serang bisa memberikan tanggapan langsung ke penyiar, kami berusaha memberikan motivasi belajar para peserta ujian agar tercipta ujian nasional yang jujur. Di bawah koordinasi koordinator teknik Maryoto, siaran perdana RRI Serang sukses dilakukan dari studio RRI Serang di kompleks Pendopo Gubernur Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s