RRI BANTEN 94,9 FM

Partisipasi KB Aktif di Banten Capai 61 persen

Tinggalkan komentar

 

Sekda Banten Muhadi, ketika membuka acara hari keluarga nasional tingkat provinsi Banten yang ke XX, yang dilangsungkan di Kota Serang, Selasa (08/10). RRI Banten (08/10) – Peran serta masyarakat dalam Program Keluarga Berencana (KB) di Provinsi Banten cukup tinggi. Dari data yang ada pencapaian partisipasi KB mencapai 61,03 persen dari seluruh Pasangan Usia Subur (PUS).

“Angka tersebut, lebih dari dari rata-rata nasional yang hanya mencapai 57 persen,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Muhadi dalam sambutannya pada puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XX Tingkat Provinsi Banten, di Kota Serang, Selasa, 8 Oktober 2013.

Sekda menjelaskan, Program KB merupakan upaya pemerintah dalam upaya menekan laju pertumbuhan penduduk. Selain itu, KB juga berfungsi menekan angka kemiskinan.

“Alhamdulillah, Program KB di Banten telah menunjukkan keberhasilan. Pada tahun 2007 Laju Penduduk di Provinsi Banten mencapai 2,6 persen pertahun. Angka tersebut turun menjadi 2,2 persen per tahun pada tahun 2012. Untuk lebih menekan angka tersebut, Pemprov Banten terus melakukab revitalisasi Program KB,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencan Provinsi Banten Sukardi mengatakan dalam rangka revitalisasi KB nasional akan dilaksanakan perubahan pendekatan.

“Bila awalnya, KB merupakan program pemerintah, maka pada masa yang akan datang dilaksanakan berupa gerakan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, dengan berbasis desa dan kecamatan. Dalam gerakan ini, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di desa merupakan ujung tombak pelaksanaan KB,” jelas Sukardi.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Pipih Muhadi menambahkan, dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional XX Tingkat Provinsi Banten dilaksanakan untuk meningkatkan peran dan fungsi keluarga. Karena lanjut Pipih, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat sebagai wahana yang pertama dan utama dalam penbentukan kepribadian bangsa.

“Keberhasilan pembangunan kepribadian bangsa sangat tergantung pada keberhasilan pembangunan keluarga,” imbuhnya. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD, Ei Nurul Khotimah, anggota Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD) Provinsi Banten, dan para kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. (udin)

Penulis: rribanten

Keinginan hadirnya Stasiun RRI Serang sejak Banten itu menjadi daerah otonom terpisah dari Jawa Barat pada tahun 2000 akhirnya menjadi kenyataan. Hari ini, melalui gelombang 94,9 FM, RRI Serang mulai menyapa publik kota Serang dan sekitarnya. Dalam siaran perdananya dipandu penyiar Asih Ryanda, RRI Serang menyemarakkan siaran hiburan musik pop dan informasi terkini untuk warga Serang. “Kita berharap, warga Banten dan sekitarnya yang terjangkau siaran RRI Serang bisa terhibur dan mendapatkan informasi. Untuk siaran perdana ini kami mengangkat beragam konten informasi, diantaranya seputar persiapan siswa SLTA dan MA di Banten menjelang pelaksanaan ujian nasional yang akan dimulai hari Senin 16 April 2012 lusa,”kata Heryoko, Koordinator konten siaran, di Kota Serang, Sabtu (14/4). Lebih jauh, Heryoko yang juga Kepala Seksi Liputan dan Redaksi RRI Jakarta ini mengatakan, dengan siaran interaktif, dimana warga Serang bisa memberikan tanggapan langsung ke penyiar, kami berusaha memberikan motivasi belajar para peserta ujian agar tercipta ujian nasional yang jujur. Di bawah koordinasi koordinator teknik Maryoto, siaran perdana RRI Serang sukses dilakukan dari studio RRI Serang di kompleks Pendopo Gubernur Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s