RRI BANTEN 94,9 FM

Media Sosial Memiliki peran Penting dalam Penanganan Bencana

Tinggalkan komentar

17 Januari 2013

Dalam penanganan bencana media sosial memegang peran penting dalam menjalin dan menginformasikan berita. Lebih dari itu media sosial juga menjadi bagian penting sekaligus menjadi kekuatan dahsyat bagi pendidikan serta pencerahan masyarakat dan perubahan perilaku. Pandangan tersebut diungkapkan ketua santri tanggap bencana (Santana) Jawa Timur Gus Wahid ketika menjadi pemateri pada acara pelatihan internet bagi penanganan bencana di Banten. Menurutnya, peran media sosial sangat berharga dan berperan dalam kegiatan kampanye membangun kepedulian masyarakat. Karennya media sosial bisa dijadikan alternatif utama relawan dalam menyebarluaskan info bencana yang terjadi disuatu lokasi tertentu.
hafidz mengatakan, bencana alam maupun bencana sosial sering terjadi tidak terduga, sehingga tidak hanya membutuhkan kesiapan fisik relawan. Akan tetapi media sosial sangat membantu penyebaran informasi ke masyarakat luas. Bahkan lebih lanjut Santri jebolan Ponpes di Lamongan ini juga menambahkan, dalam setiap kesempatan penanganan bencana dirinya selalu memanfaatkan media jejaring soial untuk berkomunikasi dengan pihak terkait. Selain lebih efisien, media sosial juga dinilai paling cepat dalam menyajikan infomrasi kepada khalayak ramai. Adapun terkait kendala suplai listrik yang biasanya terputus ketika bencana terjadi, hafidz menyatakan, hal tersebut bukan menjadi kendala berarti, lantaran untuk saat ini media sosial bisa dinikmati melalui telpon genggam.

Penulis: rribanten

Keinginan hadirnya Stasiun RRI Serang sejak Banten itu menjadi daerah otonom terpisah dari Jawa Barat pada tahun 2000 akhirnya menjadi kenyataan. Hari ini, melalui gelombang 94,9 FM, RRI Serang mulai menyapa publik kota Serang dan sekitarnya. Dalam siaran perdananya dipandu penyiar Asih Ryanda, RRI Serang menyemarakkan siaran hiburan musik pop dan informasi terkini untuk warga Serang. “Kita berharap, warga Banten dan sekitarnya yang terjangkau siaran RRI Serang bisa terhibur dan mendapatkan informasi. Untuk siaran perdana ini kami mengangkat beragam konten informasi, diantaranya seputar persiapan siswa SLTA dan MA di Banten menjelang pelaksanaan ujian nasional yang akan dimulai hari Senin 16 April 2012 lusa,”kata Heryoko, Koordinator konten siaran, di Kota Serang, Sabtu (14/4). Lebih jauh, Heryoko yang juga Kepala Seksi Liputan dan Redaksi RRI Jakarta ini mengatakan, dengan siaran interaktif, dimana warga Serang bisa memberikan tanggapan langsung ke penyiar, kami berusaha memberikan motivasi belajar para peserta ujian agar tercipta ujian nasional yang jujur. Di bawah koordinasi koordinator teknik Maryoto, siaran perdana RRI Serang sukses dilakukan dari studio RRI Serang di kompleks Pendopo Gubernur Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s