RRI BANTEN 94,9 FM

Praktek Budaya Luhur Kebanten Perlu Dukungan Pemerintah

Tinggalkan komentar

14 Januari 2013

Budaya nilai luhur kebantenan yang terus di galang oleh sejarawan dan ulama di Banten perlu mendapat dukungan serius dari pemerintah. Salah satu bentuk kongkrit dukungan tersebut dapat diwujudukan dengan memberikan alokasi anggaran dalam upaya pelestariannya. Demikian diungkapkan salah satu tokoh ulama Banten Embay Mulyasarif pada acara dialog kebantenan yang mengangkat tema nilai-nilai kebantenan dan pendidikan karakter menuju peradaban Qur’ani dan Nurani di Serang Banten. Hadir dalam dialog ini sejarawan Banten mufti, kokolot Banten Tihami dan Dirrektur binmas polda banten akbp pratikno. Dalam pemaparannya embay mengatakan, meskipun kerukunan antar umat beragama di banten dewasa ini sudah lebih baik. Namun tidak halnya atas budaya malu dari masyarakat. Pasalnya untuk saat ini tidak sedikit warga yangmengaku miskin hanya untuk mendapatkan kesejahteraan dari pemerintah. Padahal sudah seharusnya pemberian apapun dari pemerintah diberikan terhadap warga yang benar-banar mampu.

Sementara itu Sejarawan Banten mufti mengatakan, bahwa cerminan warga Banten saat ini tidak dapat dilepaskan dari sejarah zaman dahulu. Pasalnya banten yang pernah di jajajh oleh Belanda, secara tidak langsung kebudayaan kebudayaan yang pernah ada di Banten akan terus lestari sampai kapanpun. Dia juga menyatakan, penjajahan Belanda tidak sebentar terhadap Banten juga berperan sangat besar dalam merubah pola pikir masyarakatnya dalam menentukan kehidupan sehari-hari.

Penulis: rribanten

Keinginan hadirnya Stasiun RRI Serang sejak Banten itu menjadi daerah otonom terpisah dari Jawa Barat pada tahun 2000 akhirnya menjadi kenyataan. Hari ini, melalui gelombang 94,9 FM, RRI Serang mulai menyapa publik kota Serang dan sekitarnya. Dalam siaran perdananya dipandu penyiar Asih Ryanda, RRI Serang menyemarakkan siaran hiburan musik pop dan informasi terkini untuk warga Serang. “Kita berharap, warga Banten dan sekitarnya yang terjangkau siaran RRI Serang bisa terhibur dan mendapatkan informasi. Untuk siaran perdana ini kami mengangkat beragam konten informasi, diantaranya seputar persiapan siswa SLTA dan MA di Banten menjelang pelaksanaan ujian nasional yang akan dimulai hari Senin 16 April 2012 lusa,”kata Heryoko, Koordinator konten siaran, di Kota Serang, Sabtu (14/4). Lebih jauh, Heryoko yang juga Kepala Seksi Liputan dan Redaksi RRI Jakarta ini mengatakan, dengan siaran interaktif, dimana warga Serang bisa memberikan tanggapan langsung ke penyiar, kami berusaha memberikan motivasi belajar para peserta ujian agar tercipta ujian nasional yang jujur. Di bawah koordinasi koordinator teknik Maryoto, siaran perdana RRI Serang sukses dilakukan dari studio RRI Serang di kompleks Pendopo Gubernur Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s